Gunung BarujariSegara Anak

Danau Segara Anak yang Menakjubkan

Danau Segara Anak adalah danau kawah Gunung Rinjani, tepatnya di desa Sembalun Lawang, pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Nama Segara (bahasa Sasak untuk laut) Anak berarti anak laut diberikan untuk itu karena warna biru mengingatkan danau laut. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Jika seorang pendaki mendaki gunung Rinjani (3726 Mdpl), umumnya mereka akan melintasi danau ini dan bermalam di sana. Danau Segara Anak luasnya 1.100 ha dengan kedalaman sekitar 230 m.

segara anak

Para pendaki Gunung Rinjani banyak yang membuat jalur pendakian dengan menyusuri lembah di samping danau untuk memberikan sesajen pada dewa di dasar danau. Dari danau terlihat sebuah gunung volcano (Gunung Baru Jari yang berarti gunung baru jadi) yang merupakan anak Gunung Rinjani dan di dekatnya terdapat sumber air panas yang dipercayai mampu mengobati berbagai penyakit kulit. ada dua sumber air panas yaitu Aik Kalak dan Goa Susu. Di goa susu biasanya para pendaki yang turun melalui jalur hutan Torean akan bermalam. Goa susu merupakan sauna alami tempat para pendaki berendam pada malam hari. di sana juga diletakkan banyak sesajen oleh umat hindu.

Di kawasan perkemahan di dekat danau Segara Anak ini terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dengan perantara pohon ini diyakini bahwa apa yang kita inginkan dapat terkabul Selain itu, terdapat mitos bahwa di tengah danau terletak istana tempat kediaman dewi Anjani yang konon dikenal sebagai penguasa gunung Rinjani..

Danau Segara Anak adalah danau kawah (crater lake) Gunung Rinjani yang berada di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur,  Pulau  Lombok,  Provinsi  Nusa  Tenggara  Barat.    Secara  geografi posisinya berada pada koordinat    8o25’00” Lintang Selatan – 116o28’00” Bujur Timur. Nama Segara Anak berarti Laut Kecil yang diberikan untuk itu karena danaunya memang berukuran kecil dengan warna air biru bagaikan air laut.

Danau Segara Anak berikut Gunung Rinjani termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani sendiri merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia, setelah Gunung Kerinci di Sumatra.  Gunung Rinjani  mempunyai  puncak setinggi 3.726 mdpl. Di lereng sebelah baratnya terdapat kaldera yang di dalamnya terdapat kerucut Gunung Barujari (Baru Jadi) dengan puncak 2.376 m, dan Danau Segara Anak yang bentuk umumnya bagaikan bulan sabit dengan elevasi atau ketinggian muka airnya 2.008 meter di atas permukaan laut.

Papeta Referensi:

Global Volcanism Program. 2009. Report on Rinjani (Indonesia). In: Wunerman, R. (ed.),
Bulletin   of   the   Global   Volcanism   Network, 34: 9.   Smithsonian   Institution.

http://dx.doi.org/10.5479/si. GVP.BGVN2009-264030.

Harian Kompas. 2015. Hujan tak mampu meredam abu Barujari. Harian Kompas, 12 November
2015.

Harian Kompas. 2015. Lava mencapai Segara Anak. Waspadai banjir bandang akibat naiknya
permukaan danau. Harian Kompas, 10 November 2015.

Solikhin, A., S. I. Kunrat, A. Bernard, B. Barbier & R. Campion. 2010. Geochemical and
thermodinamic modelling of Segara Anak Lake and the 2009 eruption of Rinjani

Volcano, Lombok, Indonesia. Jurnal Geologi Indonesia, Vol 5, No. 4 Desember 2010:
227-239.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button