Catatan PendakiTips Pendakian

Mendaki Gunung? Hal-hal fatal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung

Hal-hal fatal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki gunung.

Pada saat mendaki gunung atau bukit, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mendaki, kebetulan artikel bagus  ini disarikan dari salah satu pengguna Quora.

  • Membuang sampah sembarangan

Hal ini sangat fatal karena dapat merusak alam. Bawalah sampahmu turun. Jangan pernah meninggalkan apapun kecuali jejak dan kenangan.

  • Mendirikan tenda ditengah jalur

Apapun kondisinya mau terdesak ataupun tidak, mendirikan tenda ditengah termasuk fatal. Selain menghambat dan membahayakan pendaki lain, itu juga membahayakan diri sendiri.

  • Membiarkan barang bawaan menggantung diluar carrier

Hal ini bisa jadi berbahaya apabila saat kita melewati jalur yang cukup curam dan barang bawaan kita tersangkut pada dahan atau pohon. Usahakan packing serapih mungkin.

 

mendaki gunung via torean

  • Menggunakan sepatu yang kurang nyaman

Walau terlihat sepele, namun hal ini sangat fatal. Menggunakan sepatu yang memiliki sol tipis dapat mengambat pendakian kita karena kaki akan terasa sangat sakit, dan bisa jadi kaki kita mengalami cidera karena sepatu yang salah.

  • Berlaga sok kuat

Hal ini juga dapat menjadi fatal bagi para pendaki. Biasanya yang berlaga sok kuat begini adalah pendaki pemula. Kalau memang sudah cape ya berbicara kepada teman agar mereka bisa berhenti untuk istirahat sejenak.

  • Meninggalkan teman yang sedang sakit atau beristirahat

Ini sangat tidak diperbolehkan apapun alasannya, dosa besar bagi pendaki yang tega meninggalkan temannya yang sedang sakit atau beristirahat  sejenak. Kita tidak tau apa yang akan terjadi di gunung.

  • Membawa jaket tipis dan tidak membawa baju ganti

Ini juga akan sangat fatal. Setelah berjalan jauh pastinya baju akan basah oleh keringat, dan kalau kita tidak segera mengganti dengan baju kering dan mengenakkan jaket yang tebal. Kita akan mudah terkena hipotermia.

  • Membawa makanan sedikit

Siapa juga yang mau kelaparan diatas gunung, pasti tidak ada. Jadi usahakan membawa makanan yang cukup, kalau bisa agak berlebih.

Mungkin segitu saja dulu, kalau mau menambahkan silahkan. Karena masih banyak lagi hal yang bisa berakibat fatal disaat mendaki gunung.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button