22.3 C
Lombok
Thursday, August 11, 2022

Mitos Dibalik Indahnya Gunung Rinjani

Di balik keindahan alam yang luar biasa, Gunung Rinjani seolah menyembunyikan banyak misteri, legenda dan mitos yang penuh misteri. Oleh karena itu, bagi sebagian...

Latest Posts

Mendaki Gunung? Apa saja yang harus dipersiapkan?

Beberapa hal penting yang wajib dipersiapkan untuk mendaki gunung:

  1. Tubuh yg sehat dan terlatih. Prepare dulu, jangan sampai Anda tepar di atas gunung. Percayalah, rasanya tidak enak. Belum lagi kalau sampai hipotermia, nyawa taruhannya. Jadi usahakan lari-lari dulu tiap hari sejak h-7 sebelum mendaki.
  2. Ini penting tapi banyak yang lupa; Pemanasan. Pemanasan sederhana sebelum pendakian akan sangat membantu. Banyak videonya di youtube, silahkan cari “hiking streching excercise”
  3. Bekal yang cukup. Cukup, berarti tidak terlalu banyak, juga tidak terlalu sedikit. Saya merekomendasikan makanan selain mie instan, bisa kentang, ubi jalar, singkong, atau beras. Pisang sama kurma juga bagus. Jangan lupa air minum, beli minimal 2x botol air mineral yg besar itu ya untuk msing-masing personel. Semua makanan jadi enak kalau sudah diatas gunung.
  4. Alat survival seperti kompas, pisau dll. Siap-siap aja; tidak ada yang bisa menebak gunung
  5. Equipment pribadi; jaket sleeping bag, matras, tissue, pembalut dsb bawa seperlunya agar tidak berat, sehingga bisa menyisakan ruang untuk hal yg lebih penting
  6. Tenda
  7. Uang; apalagi kalau gunung yang diatasnya sudah ada yg jualan.
  8. Ijin orang tua
  9. Selalu monitor gunung yang akan dituju; bisa dicek di: The Weather. Weather Forecasts. Current Weather. Severe Weather Warnings kalau disitu dijelaskan akan badai dan hujan es dengan suhu 1° ya jangan berangkat. Karena berdasar pengalaman saya, cukup akurat.
  10. Carilah blog pendakian tentang gunung yang akan dituju, harga tiket, transport dll

baca: 10 Tips Tetap Kuat Ketika Mendaki Gunung

 

Apa kiat dan trik jika ingin mendaki gunung sendirian?

Tidak disarankan untuk yang pertama kali mendaki, untuk Mendaki gunung sendirian. Naiknya gampang, turunnya, awas tersesat jalan turun banyak cabang.

  • Jangan pilih Gunung yang tinggi, mending Tektok saja. Pilih gunung yang populer, dan pilihlah hari libur, kemungkinan besar bisa dapat barengan.
  • Mendaki sendiri dan membawa peralatan lengkap cukup merepotkan. Pastikan di atas ada sumber air tidak, biar bisa mengurangi beban.
  • Jauh-jauh hari, cari barengan di grup FB, ig pendaki. Bisa juga ikuti acara mendaki masal lumayanlah dapat banyak barengan.

Cukup dulu, mangga kalau ada yang mau menambahkan. Semoga bermanfaat.

sumber: pengalaman pribadi dan tambahan artikel dari Quora

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.