Bukit PergasinganBukit Sembalun

Mendaki Bukit Pergasingan, Amazing Bukit di Sembalun Lombok

Profil Bukit Pergasingan 1670 Mdpl

Bukit Pergasingan merupakan salah satu jejeran bukit yang ada di kawasan lingkar Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Memiliki ketinggian 1670 mdpl, Bukit Pergasingan menjadi salah satu tujuan hiking para pendaki jika berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Waktu mendaki yang dibutuhkan untuk mencapai pucaknya kurang lebih 3 sampai empat jam dengan kecuraman rata-rata 60 derajat.

Yang menjadi keunggulan Bukit Pergasingan dibandingkan bukit-bukit lain yang ada di kawasan TNGR adalah panorama yang disuguhkan selama pendakian. Para pendaki disuguhkan pemandangan Desa Sembalun dan berpetak-petak sawah warga sekitar yang berwarna warni, serta jejeran bukit-bukit lainnya yang mengelilingi Gunung Rinjani.

Untuk dapat mendaki di Bukit Pergasingan, pendaki biasa dikenakan tiket masuk sebesar Rp.25.000 semalam yang bisa diperoleh di pintu masuk Bukit Pergansingan. Pendaki yang membawa kendaraan biasanya menitipkan kendaraan miliknya di halaman rumah warga sekitar dan dikenakan tarip parkir sebesar Rp.10.000/motor/malam. Bukit Pergasingan juga bisa dijadikan sebagai destinasi alternatif ketika jalur ke Gunung Rinjani sedang ditutup.

Untuk mendaki ke Bukit Pergasingan, pendaki juga bisa menggunakan jasa Porter dengan tarif berkisar Rp.200.000 per hari, harga tersebut masih bisa ditawar tergantung kesepakatan. Selama berada di puncak Bukit Pergasingan, Pendaki disuguhkan oleh Pemandangan Gunung Rinjani yang berhadapan langsung dengan Bukit Pergasingan. Selain itu, ada banyak pohon cemara yang bisa ditemukan jika berjalan sedikit lebih jauh dari puncak Pergasingan.

Memang pendakian bukit ini tidak begitu berat, untuk pendakian normal, kira-kira bisa ditempuh selama 2-3 jam jalan kaki saja. Karena itu, mendaki Bukit Pergasingan ini cocok sekali buat kalian yang ingin naik Rinjani. Untuk pemanasan terlebih dahulu deh!

Selain itu, sepanjang perjalanan mendaki, kalian akan disuguhkan oleh pemandangan alam Lombok yang sangat menakjubkan. Hamparan sawah bak permadani berwarna-warni, kabut yang menyelimuti Desa Sembalun, ditambah lagi dengan pemandangan cantik Gunung Rinjani yang menjulang tinggi. Yakin nggak berminat main naik kesini?

Selain itu, ketika kalian sudah di puncak, sebaiknya kalian camping saja disana. Karena pemandangan matahari terbit dan pagi hari di Bukit Pergasingan ini begitu cantik luar biasa. Hanya saja, satu yang perlu kalian ingat dan catat baik-baik! Jangan pernah buang sampah sembarangan atau bahkan meninggalkan sampah di Bukit Pergasingan ini!

bukit pergasingan trek
bukit pergasingan, credit photo: Yaya Arshad

 

TIPS MENDAKI BUKIT PERGASINGAN…!!

1. Meskipun jalur pendakian bukit ini nggak terlalu panjang, cuma sekitar 600 meter, sebaiknya tetap menggunakan peralatan pendakian yang memadai. Minimal dengan menggunakan pakaian yang tebal, sepatu hiking yang nyaman akan membuat pendakian lebih aman.

2. Untuk yang mau camping di Bukit Pergasingan, sebaiknya membawa perlengkapan sendiri seperti tenda dan perlengkapan camping yang lainnya. Jika dirasa membawa perlengkapan tadi akan terlalu berat, mungkin bisa menyewa porter.

3. Jangan buang sampah sembarangan, jangan meninggalkan sampah apapun setelah camping disini. Ingat, bukan cuma kalian yang akan menikmati keindahan bukit ini. Masih ada banyak yang lain ingin menikmati keindahan Pergasingan

Pendakian Bukit Pergasingan, Bukit Anak Dara, Bukit Nanggi dan beberapa bukit di sekitar desa Sembalun layak untuk didaki karena view dan pemandangannya yang sangat indah, apalagi kita bisa melihat sisi lain Gunung Rinjani dari Atas Bukit Sembalun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button