22.3 C
Lombok
Thursday, August 11, 2022

Mitos Dibalik Indahnya Gunung Rinjani

Di balik keindahan alam yang luar biasa, Gunung Rinjani seolah menyembunyikan banyak misteri, legenda dan mitos yang penuh misteri. Oleh karena itu, bagi sebagian...

Latest Posts

Apa saja bencana alam besar yang pernah terjadi di Indonesia di masa lalu?

Bencana alam besar yang pernah terjadi di Indonesia, salah satunya adalah meletusnya gunung Samalas di pulau Lombok yang pada tahun 1257.

Salah satunya adalah meletusnya gunung Samalas di pulau Lombok yang pada tahun 1257. Mungkin sebagian dari kita tidak familiar dengan nama gunung Samalas ini, karena saat ini gunung itu memang sudah tidak ada, namun kalau gunung Rinjani (3.726 mdpl) atau danau Segara Anak tentunya kita tidak asing, terutama warga Lombok, para traveler atau kita-kita yang hobby naik gunung.

gunung salamas

Ini adalah pemandangan gunung Rinjani beserta danau Segara Anak-nya yang sangat indah. Do you know? Bahwa danau Segara Anak yang indah ini terbentuk dari letusan maha dahsyat gunung Samalas pada tahun 1257 silam.

Tingkat letusan gunung Samalas pada tahun 1257 tersebut diperkirakan mencapai skala 7 pada Indeks Eksplosivitas Vulkanik (VEI), yang juga merupakan salah satu letusan terdahsyat selama periode Holosen. Diperkirakan juga tinggi semburannya mencapai puluhan kilometer di lapisan atmosfir dan menghasilkan aliran piroklastik yang mengubur sebagian besar pulau Lombok dan bahkan menjangkau laut di sekitar kepulauan Sumbawa. Aliran material letusan ini telah menghancurkan pemukiman penduduk termasuk kerajaan Pamatan, kerajaan klasik dengan peradaban tinggi dipimpin Raja Manca Mantri dengan pengembangan perdagangan maju, memiliki benteng kota, jalan-jalan lurus, taman bunga dan penduduknya memeluk agama Budha hidup dan berkembang di Pulau Lombok. Kisah kedahsyatan letusan gunung Samalas tersebut tertulis di dalam Babad Lombok, sebuah catatan sejarah yang ditulis di daun lontar.[1]

Abu erupsi gunung samalas tersebar hingga 340 kilometer ke pulau Jawa dan telah memuntahkan material abu dan batuan sebanyak 10 kilometer kubik, (sumber lain mengatakan 40 kilometer kubik). Letusan ini menghasilkan kawah kaldera dan menjadi danau Segara Anak.

Dampak letusan gunung Samalas tidak hanya dirasakan di kepulauan Nusantara saja namun sampai hingga Eropa. Semburan kandungan aerosol di atmosfir menyebabkan berkurangnya radiasi sinar matahari untuk mencapai permukaan bumi, menurunnya temperatur atmosfir selama beberapa tahun mengakibatkan munculnya wabah penyakit dan gagal panen di Eropa dan sekitarnya.

gunung meletus

Loh, tahun segitu kan catatan sejarah belum secanggih sekarang, bagaimana mereka tahu ada letusan gunung Samalas di masa lalu dan memastikan tahun terjadinya adalah tahun 1257?

Merujuk pada jurnal ilmiah PNAS (Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America) edisi akhir September 2013, kesimpulan letusan terjadi pada tahun 1257 didapatkan melalui uji radiokarbon dan kalibrasi usia pada sampel arang dari deposit material piroklastik Samalas.[2]


Pengertian Holosen: https://en.wikipedia.org/wiki/Holocene https://zonapenemuan.blogspot.com/2019/09/holosen.html

Pengertian VEI : https://republika.co.id/berita/n1brpb/mau-tahu-cara-mengukur-kekuatan-letusan-gunung-berapi-begini-caranya

Catatan Kaki

Sumber: Quora

Latest Posts

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.